Al Quran Surah At Takaatsur Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video

Al Quran Surah At Takaatsur

Al Quran Surah At Takaatsur terdiri atas 8 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Al Kautsar. Dinamai At Takaatsur (bermegah-megahan) diambil dari perkataan At Takaatsur yang terdapat pada ayat pertama surat ini. Pokok-pokok isi Al Quran Surah At Takaatsur adalah keinginan manusia untuk bermegah-megahan dalam soal duniawi, sering melalaikan manusia dari tujuan hidupnya. Dia baru menyadari kesalahannya itu setelah maut mendatanginya; manusia akan ditanya di akhirat tentang nikmat yang dibanggabanggakannya.

Al Quran Surah At Takaatsur. Surat ini tepat sekali dinamakan At Takaatsur atau memperbanyak harta, berasal dari kata "Takaatsur" yang dicantumkan dalam ayat pertama Surat ini menerangkan bahwa saling berlomba memperoleh harta sebanyak-banyaknya adalah rintangan besar yang menjauhkan manusia dari tujuan hidup yang sebenarnya. Oleh karena itu, untuk menyadarkan mereka, tempo-tempo perlu menelanjangi mereka dari kemewahan ini. Itulah sebabnya maka kebijaksanaan Tuhan kadang-kadang memandang perlu menjatuhkan bencana kepada manusia. Oleh sebab itu, Surat ini mempunyai hubungan erat dengan Surat-surat sebelumnya yang membicarakan bencana. Kebenaran yang diuraikan dalam Surat ini jelas tak pernah disadari oleh dunia seperti yang terjadi pada zaman sekarang. Surat ini tergolong Surat yang diturunkan pada zaman Makkah permulaan.

Al Quran Surah At Takaatsur ini mengemukakan celaan dan ancaman terhadap orang-orang yang bermegah-megahan dengan apa yang diperolehnya dan tidak membelanjakannya di jalan Allah. Mereka pasti diazab dan pasti akan ditanya tentang apa yang dimegah-megahkannya itu.

Hubungan Al Quran Surah At Takaatsur dengan Surah Al Ashr

Hubungan Al Quran Surah At Takaatsur dengan Surah Al Ashr adalah pada surah At Taakatsur Allah menerangkan keadaan orang yang bermegah-megahan dan disibukkan oleh harta harta benda sehingga lupa mengingat Allah, sedang surat Al 'Ashr menerangkan bahwa manusia akan merugi, kecuali mereka beriman, beramal saleh dan nasehat menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. Dalam Al Quran surah At Taakatsur Allah menerangkan sifat orang yang mengikuti hawa nafsunya, sedang pada surat Al 'Ashr menerangkan sifat orang-orang yang tidak merugi. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat artikel yang telah kami posting sebelumnya mengenai Al Quran Surah Al Ashr, yang berjudul Al Quran Surah Al Ashr Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video melalui link/tautan berikut ini: Al Quran Surah At Takaatsur Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya serta Video.

Al Quran Surah At Takaatsur Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video
Al Quran Surah At Takaatsur

Al Quran Surah At Takaatsur Lengkap dengan Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya.

Berikut ini bacaan teks Al Quran Surah At Takaatsur, lengkap dengan terjemahannya.

أَلْهَاكُمُ التَّكَاثُرُ
Al-haakumut-takaatsur(u)
"Bermegah-megahan telah melalaikan kamu,"
(QS.102:1)


حَتَّى زُرْتُمُ الْمَقَابِرَ
Hatta zurtumul maqaabir(a)
"sampai kamu masuk ke dalam kubur."
(QS.102:2)


كَلا سَوْفَ تَعْلَمُونَ
Kalaa saufa ta'lamuun(a)
"Janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu),"
(QS.102:3)


ثُمَّ كَلا سَوْفَ تَعْلَمُونَ
Tsumma kalaa saufa ta'lamuun(a)
"dan janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui."
(QS.102:4)


كَلا لَوْ تَعْلَمُونَ عِلْمَ الْيَقِينِ
Kalaa lau ta'lamuuna 'ilmal yaqiin(i)
"Janganlah begitu, jika kamu mengetahui dengan pengetahuan yang yakin,"
(QS.102:5)


لَتَرَوُنَّ الْجَحِيمَ
Latarawun-nal jahiim(a)
"niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahanam,"
(QS.102:6)


ثُمَّ لَتَرَوُنَّهَا عَيْنَ الْيَقِينِ
Tsumma latarawun-nahaa 'ainal yaqiin(i)
"dan sesungguhnya, kamu benar-benar akan melihatnya dengan 'ainul yakin,"
(QS.102:7)


ثُمَّ لَتُسْأَلُنَّ يَوْمَئِذٍ عَنِ النَّعِيمِ
Tsumma latus-alun-na yauma-idzin 'anin-na'iim(i)
"kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu, tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu)."
(QS.102:8)


Video Al Quran Surah At Takaatsur

Video berikut ini memuat Al Quran Surah At Takaatsur Lengkap dengan Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahannya. Didesain sedemikian rupa untuk memudahkan anda mengikuti bacaan Al Quran Surah At Takaatsur oleh Sheikh Hani ar Rifai seorang Imam besar di masjid Riyadh (Saudy Arabia) yang juga sering mengimami shalat di Makkah.


Selain video Al Quran Surah At Takaatsur, anda juga dapat menemukan video al quran lengkap lainnya dengan mengunjungi channel kami di Youtube melalui link/tautan berikut ini: VIDEO MUSLIM.

Demikian artikel mengenai Al Quran Surah At Takaatsur Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dibuat, semoga informasi yang disampaikan melalui artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Artikel yang berjudul Al Quran Surah At Takaatsur Lengkap Teks Arabic, Bacaan dan Terjemahan serta Video ini dipublikasikan kembali oleh blog Al Quran Video berdasarkan referensi sebagai berikut:
1. DEPAG RI, Penerbit CV. TOHA PUTRA Semarang Edisi Baru Revisi Terjemah 1989
2. Kompleks Percetakan al Quran Khadim al Haramain asy Syarifain (Pelayan Kedua Tanah Suci) Raja Fahd
3. Al Quran digital 2.1 (http://www.alquran-digital.com)
4. http://aaiil.org/indonesia/holyquran/
Previous
Next Post »